Nama-Nama Ikan Predator Untuk Diperlihara di rumah, Pemula juga cocok

Flona.my.id - Ikan predator adalah ikan hias peliharaan yang mempunyai pengemar yang besar karena beberapa tubuh ikan terlihat sangar dan keren. itu mengapa memelihara ikan predator memiliki nilai dan gengsi tersendiri. Terlebih belum banyak yang berani memelihara di Indonesia, karena ikan predator dianggap galak .

pemula karena wujudnya yang seram dan memakan ikan kecil atau daging. Banyak yang takut memelihara ikan predator karena takut tangan nya tergigit dll. Ikan predator sebenarnya hanya memangsa ikan yang ukuran nya muat di mulutnya. kalo tidak muat di mulutnya dia tidak akan memakannya pengecualian untuk ikan piranha.

tapi jika kalian pemula kalian tetap harus hati-hati ya

Rata-rata ikan predator dapat tumbuh besar jadi sebaiknya ukuran aquarium yg pas adalah minimal 1 meter, kalo bisa lebih. Karena ikan predator tergolong galak saya akan memberikan 5 ikan predator yang cocok di pelihara untuk pemula yang ingin mencoba memelihara ikan predator.


1. Ikan Predator Palmas



Kingdom : Animalia 
Phylum : Chordata 
Class : Actinopterygii 
Order : Polypteriformes
Family : Polypteridae

Ikan favorit saya ini ikan palmas , ikan palmas adalah ikan predator type bawah atau dasar ikan ini disebut juga ikan naga karena bentuknya nyentrik seperti naga, ikan ini cukup murah tergantung jenis nya biasanya di pasar ada yang jual yang albino juga lo, yang termahal adalah jenis polypterus bichi bichir atau nile bichir yang harganya mencapai  kurang lebih hingga lima juta, makanan untuk ikan predator palmas ini adalah daging segar yang di potong kecil kecil bisa daging ikan kecil atau daging udang.

Ikan yang termasuk dalam salah satu jenis ikan primitif ini berhabitat asli di Afrika, tepatnya di Sungai Nil. Bentuknya yang seperti naga dengan sirip di punggung membuatnya sangat unik. Beberapa jenis ikan palmas yang sering dijual di Indonesia adalah palmas endlicheri, ansorgii, senegalus, orna, dan teugel

2. Ikan Predator Oscar



Nama Ilmiah : Astronotus ocellatus 
Kingdom : Animalia 
Klasifikasi : Actinopterygii 
Sebutan : A. ocellatus 
Subclass : Cichliformes
Pernah dengar oscar oasis ya tapi oscar disini bukan kadal tapi melainkan seorang ikan predator bukan wajah garang yang terlihat di ikan ini tapi corak corak cantik yang melihatnya bisa terpanah, ikan oscar masuk di keluarga cicihidae, ikan predator ini ditemukan di sungai amazon.
ada beberpa jenis seperti oscar paris, oscar batik bahkan oscar albino, ikan ini mudah di dapat di pasar ikan harganya juga terjangkau cocok juga untuk pemula yang ingin mencoba memelihara ikan predator, untuk makanan sama seperti ikan predator lain seperti ikan kecil dan udang tapi ikan oscar ini bisa di latih lo makan pelet.


3. Ikan Predator Belida




Kerajaan : Animalia 

Filum : Chordata 

Kelas : Actinopterygii 

Ordo : Osteoglossiformes 

Famili : Notopteridae 

Genus : Chitala 

Spesies : C. lopis

Belida ikan predator ini semakin langkah dan semakin punah. Daging ikan Belida sering kali dijadikan santapan favorit khas Kota Palembang, yaitu pempek. Beberapa jenis ikan ini sering kali dipelihara untuk menghiasi akuarium. Mulai dari jenis belida royal, albino, hingga bengkok.

Chitala adalah genus ikan dari keluarga Notopteridae. Genus ini mengandung enam spesies, yang beberapa di antaranya penting dalam akuakultur dan industri akuarium. Mereka umumnya dikenal sebagai ikan pisau Asia atau featherbacks. Mereka asli dari air tawar di Asia Selatan dan Tenggara.

4. Ikan Predator Peacock Bass






Ikan Peacock bass atau lebih dikenal Pbass dari keluarga ikan cichild yang mempunyai corak dan warna yang bagus sehingga cocok sekali untuk di pelihara di akuarium apalagi saat memberi makannya ikan ini akan berebutan dan sangat cepat mengejar mangsanya. Ikan ini beraal dari benua amerika dan hidup di sungai sungai. Untuk jenisnya ikan ini sangat banyak.
Ikan ini dikenal dengan karakternya yang rakus dan lahap saat makan.
Ikan Pbass berasal dari amazon, Karakternya pun cukup agresif, terutama saat diberi makan. Pemelihara akan terpukau ketika melihat beberapa peacock bass berebut mangsa di dalam akuarium yang sama.



5. Ikan Predator Arwana




Nama ilmiah: Scleropages formosus 
Famili: Osteoglossidae; Bonaparte, 1832 
Kelas: Actinopterygii 
Ordo: Osteoglossiformes 
Filum: Chordata


Ikan ini paling di gemar di dunia ikan hiar berbagai kalangan  dari harga yang mahal hingga termurah,Ikan predator yang satu ini terbilang populer menjadi penghias di akuarium. Siapa sangka kalau ikan yang memiliki warna-warna cantik ini masuk dalam jajaran ikan pemangsa Ikan yang sudah ada sejak zaman purba ini tersebar hampir di seluruh dunia. Namun, ikan arwana yang berasal dari Asia memiliki ciri tersendiri dengan bentuk badannya yang panjang dan berwarna perak.
Ikan yang sudah ada sejak zaman purba ini sebenarnya tersebar di seluruh dunia, namun ikan arwana asia memiliki ciri tersendiri dengan bentuk badannya yang panjang dan berwarna perak pada umumnya. Ikan arwana bernilai ekonomi tinggi lho! Harganya dibanderol mulai dari 2 hingga 10 juta rupiah.



6. Ikan Predator Alligator gar





Kerajaan:Hewan
Divisi:Chordata
Kelas:Actinopterygii
Ordo:Lepisosteiformes
Keluarga:Lepisosteidae
Marga:Atractosteus
Jenis:A.spatula


Ikan predator untuk pemula kalian bisa memilih aligator gar karena perawatannya yang tergolong mudah dan pemakan apa saja, biasa di sebut ikan siluman atau ikan buaya tapi saya lebih setuju di sebut ikan buaya karena dari nama dan bentuk moncong yang seperti buaya aligator,Alligator gar adalah ikan euryhaline bersirip pari yang terkait dengan bowfin di infraclass Holostei. Ini adalah spesies terbesar dalam keluarga gar, dan di antara ikan air tawar terbesar di Amerika Utara. Rekaman fosil melacak keberadaan kelompoknya kembali ke Kapur Awal lebih dari 100 juta tahun yang lalu.


Penutup

Sekian dari saya semoga artikel saya menambah ilmu pengetahuan kita sekian dan terima kasih salam lestari

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url