Bahaya ? Ini Alasan Penyebab Kucing Makan Rumput

 Flona.my.id - Jika kalian punya kucing atau kalian tidak sengaja pasti pernah paling sedikit 1x melihat kucing liar makan rumput ? bahaya tidak sih kucing kita makan rumput ? kan kucing kita hewan karnivora yang seharusnya makan daging ? banyak yang pertanyaan ini beredar di sosial media, jadi kami berinisiatif menjawab pertanyaan ini yang mejadi kegelisahan.

karena khawatir keracunan kucing kesayangan mereka, banyak pemilik kucing yang langsung mencagah dan melarang kucing tersebut memakan rumput.

Akan tetapi, dilansir dari laman resmi Purina, Jumat (18/12/2020), rumput sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kucing ketika dimakan. Mungkin kamu terkejut akan penjelasan ini. Ketika dimakan, rumput dapat memiliki banyak manfaat kesehatan bagi kucing, termasuk segala sesuatu mulai dari menghilangkan sembelit dan bertindak sebagai penghilang stres alami 

sebenarnya kenapa sih kucing makan rumput

Bahaya ? Ini Alasan Penyebab Kucing Makan Rumput



Dr. Pete Lands, DVM, direktur perawatan darurat dan kritis di St. Francis Veterinary Center di New Jersey, mengatakan bahwa sebenarnya tak banyak penelitian yang mencari tahu mengapa kucing memakan rumput. Namun, kucing biasanya memiliki sejumlah penyakit gastrointestinal yang mendasari perilaku ini, seperti sindrom iritasi usus besar. Jadi, makan rumput dapat menjadi cara bagi mereka untuk menenangkan saluran pencernaannya.

 “Baik untuk membantu mengeluarkan feses sedikit lebih cepat atau membantu mereka memuntahkan bola rambut,” kata Lands. 

Pernyaataan diatas juga sama di kemukakan animal planet

Rumput sendiri memiliki banyak serat yang dapat membantu mengatasi sembelit. 

Keharusan memakan rumput pada kucing memang aneh, padahal kucing sendiri adalah hewan Karnivora yang sejatinya pemakan daging dan tidak membutuhkan tumbuhan saat hidup.


Adapun tumbuhan rumput catnip tidak berfungsi sebagai pembantu pencernaan kucing, tetapi sebagai stimulan. Efek catnip akan membuat kucing hiperaktif dan meredakan stres.

dari tadi kita singgung tentang kucing yang maksn rumput bisa meredakan stres 

Apakah Rumput Meredakan Stres ?

Tak hanya masalah pencernaan, makan rumput juga bisa menjadi tanda bahwa kucing sedang stres. Beberapa orang mengatakan, jika kucing berada dalam lingkungan yang penuh tekanan, mereka mungkin menghadapi stres dengan makan, mirip dengan cara manusia saat sedang stres. “Atau makan secara emosional untuk membantu membuat mereka rileks atau menenangkan mereka," kata Lands. Namun hal ini mungkin terjadi pada kucing liar.

Apakah baik bagi kucing untuk makan rumput? 

Makan rumput dapat membantu pencernaan kucing. Tetapi terlalu banyak mengonsumsinya bisa mengakibatkan komplikasi medis. “Di Amerika, sebagian besar kucing kami berada di dalam rumah sepanjang tahun, jadi jika mereka pergi keluar dan makan rumput, kamu mungkin harus menelepon dan berbicara dengan dokter hewan,” kata Lands. Dalam beberapa kasus, jika kucing makan terlalu banyak, rumput bisa tersangkut di perut dan membutuhkan pembedahan untuk mengangkatnya. Namun beberapa kucing memakan rumput karena mereka menyukai rasanya. Rumput juga bisa memberikan mereka nutrisi. 

1. Membantu Mengatasi Sakit perut

Meski teori ini belum 100% benar karena kesimpangsiuran ini tapi teori ini adalah salah satu paling umum di balik mengapa kucing memakan rumput adalah bahwa sebagian besar orang berpendapat bahwa rumput membantu mengatasi sakit perut. padahal bahwa kucing cenderung muntah setelah memakannya, karena mereka sebenarnya kekurangan enzim yang tepat yang dibutuhkan untuk mencerna rumput. Karena ini, diperkirakan kucing mungkin memakan rumput untuk mencoba dan membantu mereka muntah, sehingga itu bisa membersihkan sistem pencernaannya dari apapun yang tidak dapat mereka cerna, seperti rambut atau bulu mereka sendiri dan tulang dari mangsa.

2. Rumput Mengandung Float

Menariknya, rumput mengandung asam folat (juga ditemukan dalam susu ibu kucing), vitamin esensial yang membantu pencernaan, mendukung pertumbuhan sel dan membantu produksi hemoglobin. Menurut Hill's , jika kucingmu merasa kekurangan vitamin ini, mereka mungkin mencari rumput untuk mencoba dan menangkal itu. Jadi, jika kamu bertanya-tanya mengapa kucing saya makan rumput? Bisa jadi karena hal satu ini. 

3. Rumput Bekerja Sebagai Pencahar Alami

Terkadang hal-hal yang tidak dapat dicerna kucingmu akan bergerak terlalu jauh ke saluran pencernaan dan mungkin macet.   Dalam hal ini, rumput sebenarnya dapat bekerja untuk membantu memecah permasalahan pencernaan sehingga memudahkan mereka untuk melewatinya. Artinya, rumput benar-benar bisa membantu membersihkan sistem pencernaan dan meredakan sembelit.  

Amankah kucing makan rumput? 


Seperti kasus nasi rumput juga sama atau hal apa pun di dunia punya rumus kalau berlebihan itu tidak baik jadi di kasus rumput juga sama, jika ber 
Asalkan rumput yang dimakan belum disemprot dengan pestisida atau herbisida apapun dan dimakan dalam jumlah sedang, kucing yang makan rumput benar-benar baik-baik saja. Namun, jika kucingmu banyak makan rumput, ia bisa tersangkut di dalam rongga hidungnya dan menyebabkannya bersin berlebihan. Jika ini terjadi, kamu harus segera menghubungi dokter hewan untuk mengatasinya secara manual. 

 Jika kucingmu memiliki kebiasaan mengemil tanaman dan rumput, kamu harus memastikan bahwa semua tanaman hiasmu tidak beracun. Tanaman hias tertentu yang populer sebenarnya beracun bagi kucing dan dapat menyebabkan reaksi ringan hingga parah. 

Jika kucingmu menelan tanaman beracun, selalu pastikan kamu membawanya ke dokter hewan untuk dirawat. Cari tahu tanaman mana saja yang beracun bagi kucingmu. Jika kamu ingin memastikan bahwa kucingmu hanya makan rumput yang aman, kamu dapat membeli pot rumput kucing yang akan menjadi 'makanan khusus' untuk kucingmu. Ini tidak hanya akan memuaskan kebutuhan kucing untuk mengunyah, tetapi juga dapat mencegah mereka mengunyah tanaman hias yang kamu letakkan di rumah. 

Penutup

Sekian artikel dari kami untuk Bahaya ? Ini Alasan Penyebab Kucing Makan Rumput semoga kita semakin bertambah ilmunya sekian dari saya salam lestari