Apa itu scabies dan obat scabies kucing

 flona.my.id - temen-temen pasti tau apa itu scabies atau mungkin mendengar tentang penyakit ini. Ya penyakit scabies ini sering dijumpai di anjing, tapi teman-teman jangan senang dulu karena penyakit scabies bisa menjangkit kucing.


Jangan panik di flona ini kita akan bahas apa itu scabies sampai obat scabies apa yang cocok untuk kucing,Scabies atau kudis adalah penyakit kulit yang bisa menular yang bisa terjadi oleh manusia dan juga hewan termasuk hewan berbulu seperti kucing dll.

Apa Itu Scabies Kucing

Scabies bukan penyakit jamur ya penyebab penyakit ini adalah tungau Sarcoptes scabei dan Notoedres cati. Pada kucing, penyakit ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal-gatal, iritiasi kulit, bahkan kulit berkerak.

Seekor kucing bisa terinfeksi Scabies di karenakan kemungkinan pernah berkontak fisik dengan hewan berbulu lain atau sesama kucing dan bisa juga terinfeksi kena kontak fisik terhadap benda yang menjadi sarang Sarcoptes scabei dan Notoedres cati. 

pada umumnya penyakit ini tular menular kesesama kucing tapi kalian harus tetap hati hati bagi manusia karena scabies juga bisa menular ke manusia.

Gejala Scabies Kucing


kita sebagai owner kucing sering kali tidak sadar dengan gejala-gejala awal scabies. Maka dari itu sangat penting buat kalian para pemilik kucing mengetahui hal itu lebih dari awal.

berikut ini adalah gejala-gejalanya

  1. Sering menggaruk, menggigit, atau menjilat tubuh 
  2. Bulu rontok atau pitak 
  3. Kulit iritasi dan kemerahan 
  4. Kulit berkerak atau berkerut, terutama pada area telinga 
  5. Terdapat luka atau koreng pada kulit
biasanya scabies mucul diarea telingga atau wajah kucing, jika tidak ditangani lebih awal scabies akan menyebar keseluruh tubuhnya dan parahnya jika dirumah kamu punya lebih dari satu hewan peliharaan contoh anjing dan kucing seluruh hewan peliharaan kalian akan ikut tertular bisa-bisa kalian juga terinfeksi sama seperti hewan peliharaan kalian dan menimbulkan gejala berupa bintik-bintik merah serta gatal-gatal dan bentol-bentol di kulit..

Cara Mengatasi Scabies Kucing

kita akan membahas 2 metode yang digunakan untuk mengatasi scabies yaitu pengobatan metode dalam dan luar.

Pengobatan dari dalam

Cara paling ampuh untuk mengobati scabies pada kucing adalah dengan metode pengobatan dari dalam, yaitu dengan suntik scabies. Namun demikian, suntik ini harus dilakukan oleh dokter hewan. Cara pengobatan scabies satu ini adalah yang paling ampuh dan praktis bagi pemilik kucing yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengobati kucing scabies. Jadi, hanya dengan sekali suntik, penyakit scabies langsung rontok hanya dalam waktu 4 hari. 

Pengobatan dari luar

Pengobatan dari luar adalah dengan cara mengoleskan minyak VCO atau minyak kelapa secara rutin ke bagian tubuh kucing yang terdapat scabies. Akan tetapi, pengobatan scabies dengan minyak VCO memiliki kekurangan, yakni membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyembuhkan, apalagi kucing mengalami scabies yang cukup parah. Tak hanya itu saja kekurangannya, meski minyak VCO bisa menyembuhkan scabies, biasanya kucing akan mendapatkan scabies lagi di tubuhnya dalam waktu dekat. Hal tersebut bisa terjadi karena masih ada telur parasit atau tungau yang bersarang di bawah kulit kucing. Telur parasit tersebut siap menetas menjadi scabies baru pada tubuh kucing.

Selain itu gunakan shampo anti tungau ,dokter juga mungkin akan menyarankanmu untuk menggunakan sampo khusus antitungau saat memandikan kucing. Sampo ini bisa membantu meredakan peradangan dan menenangkan luka pada kulit kucing kesayanganmu. Dengan menggunakan obat-obatan yang diresepkan dari dokter, tungau pada tubuh kucing bisa mati. Namun, biasanya kucing baru akan benar-benar terlihat sembuh dari scabies sekitar 1 bulan setelah pengobatan. Jadi, kamu harus sabar dalam merawatnya, ya. Nah, jika kamu memiliki hewan peliharaan berbulu lainnya di rumah, dokter biasanya juga akan meminta kamu untuk mengisolasi kucing yang terkena scabies dari hewan lainnya. Ini berguna untuk mencegah penularan scabies ke hewan lain yang sehat. Selain itu, sebaiknya bersihkan juga seluruh barang yang kerap bersentuhan dengan kucing yang terkena scabies, seperti tempat tidur, kalung, mainan, dan mangkok makanannya, ya. Dengan begitu, tungau penyebab scabies dapat benar-benar hilang dari lingkungan rumah.

3 Rekomendasi Obat Scabies Kucing

  • Scadix
  • Pluffy
  • Biodin Natural Antiseptic


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url