jangan salah merawat, ini Cara merawat miana agar tetap cantik tumbuh subur dan rimbun

 flona.my.id - pasti kalian tidak asing dengan tanaman hias satu ini yakni miana dengan nama latin Coleus atropurpureus di beberapa daerah menyebutnya dengan iler tidak hanya iler berikut nama-nama lain miana dari berbagai daerah Tanaman ini mempunyai nama berbeda di setiap daerah, yaitu Sigresing (Batak), Adong-adong (Palembang), Jawek Kotok (Sunda), Iler (Jawa Tengah), Ati-ati (Bugis) dan Serewung (Minahasa).

Tidak hanya menjadi tanaman hias miana juga bisa menjadi semak semak yang tingginya mencapai 1,5 M. Selain indahnya daun miana juga menyimpan kasiat yang banyak untuk meredakan dan menyembukan penyakit mulai dari sebagai obat wasir, bisul, demam nifas, radang telinga, dan obat haid tidak teratur.

menguti dari bu Ekawati yang mengatakan miana termasuk tanaman hias yang mudah merawatnya dan miana termasuk tanaman yang menyukai lokasi terang (bright light) berikut pernyataan bu Ekawati saat di hubungi wolipop

"Tanaman hias miana menyukai lokasi yang terang (bright light) dan bisa beradaptasi di full sun atau sinar matahari langsung. Penyiraman 1-2 hari sekali, karena miana termasuk tanaman yang menyukai air. Akan tetapi jika kamu terlambat menyiram, akan membuat miana layu," ungkap Ekawati penjual aneka tanaman hias saat dihubungi oleh Wolipop, Kamis (17/12/2020).

Tanaman ini tahan banting dengan sinar matahari, daun tidak rusak atau mudah terbakar jika terkena sinar matahari langsung.

Eka mengatakan sinar matahari yang optimal sangat mempengaruhi terhadap warna miana. Semakin banyak mendapatkan paparan sinar matahari, warnanya akan semakin memikat mata. Warna daunnya beraneka ragam mulai dari keemasan, kehitaman (Curly Lava), pink (Alabama SUmset), merah (Plum Parfait), kekuningan (Yellow Parpait), ungu hingga konbinasi beragam warna.

tapi jika tanaman kalian terlihat layu lebih baik kalian pindah langsung ke dalam ruangan atau tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.



jangan salah merawat, ini Cara merawat miana agar tetap cantik tumbuh subur dan rimbun


Cara Memperbanyak Budidaya Miana

Ada 2 cara memperbanyak bunga Miana, kalian bisa melakukan memperbanyak ini dengan cara generatif dan vegetatif.
cara generatif bisa kalian lakukan dengan menanam biji dari miana jika itu cara generatifnya sekarang cara vegetatifnya cara vegetatifnya kalian bisa melakukan stek batang kalian bisa memotong batang dari miana dengan ukuran 15-20 cm.

Jenis-jenis Miana

Ada sekitar 3 jenis miana sepertinya kita harus sedikit mengulas tentang jenis ini karena agar orang awam tidak menganggap semua miana adalah tumbuhan liar yang biasa di temukan dan cepat berkembangnya, Kita bisa dengan cepat mengenali dari warna daun hijau dengan corak di tengah dan ketebalan daun yang sangat tipis. Tak ada semacam lapisan seperti beludru yang terdapat pada tanaman miana premium. Miana jenis ini jarang saya temui dijual. Kalau pun ada, harganya memang di bawah 5000/stek

1. Miana Standar


Meski dikatakan miana standar, akan tetapi tetap ada kecantikan pada warna, corak dan bentuk daun. Jenis ini dikatakan miana standar bukan untuk menjatuhkannya, tetapi untuk membedakan dengan miana premium dan super premium. Jenis miana standar setiap seller bisa berbeda. Sebuah jenis miana bisa dikatakan biasa di sebuah daerah, dan dikatakan premium di daerah lainnya. Saya memaknainya dari jumlah ketersediaan dan kecepatan menjadi rimbun. Miana standar tetaplah cantik dan harganya lumayan jika rimbun. Katakanlah dengan investasi uang 5000/stek bisa jadi rimbun dalam waktu 2-3 bulan. Contohnya miana ID Bolu Pandan, miana ID Mentega, miana ID Bolu Nanas, miana ID Cikar, dan sebagainya.


2. Miana Premium

Miana premium disematkan bagi jenis bunga miana yang tumbuh/memperbanyak dengan lambat. contohnya miana ID Drupadi. Sama-sama membeli dalam satu waktu, miana Drupadi saya masih kecil saja. Atau miana ID Lemon. Juga miana ID Tricolor. Masih ada ID Ekor Cupang, ID Kipas, Selendang Putri, dsb

3. Miana Super Premium

Miana super premium, saya belum punya dan kebetulan belum ingin punya. Sepemahaman saya, sebuah ID miana dikatakan super premium jika ia benar-benar rare alias langka. Biasanya dari hasil mutasi atau persilangan antar ID miana sehingga menghasilkan jenis baru. Miana memanglah tanaman yang sangat unik. Ia bisa dikawinsilangkan untuk menghasilkan jenis baru. Bahkan bisa dibuat okulasi bagi mereka yang telaten menghasilkan jenis miana baru.

Disini saya ada 2 cara yaitu membuat miana tetap cantik dan yang kedua membuat miana rimbun

Jangan Lakukan Ini Pada Miana agar tetap cantik

1. Jangan Menyiram berlebihan

Penyiraman bunga miana dilakukan 2x sehari pada pagi hari dan sore hari jaga kelembapan kecuali saat musim hujan teman teman.

2. Jangan Memupuk Saat Miana Baru Di Steak

Jika ada tanaman Miana yang baru di Stek, sebaiknya jangan berikan pupuk secara langsung, karena akar dari tanaman miana yang baru di stek belum terlalu banyak tumbuh. Pemberian pupuk baru bisa dilakukan minimal satu bulan setelah proses stek pada Miana.

3. Lakukan Pemupukan dan pemberian obat anti hama

Sementara untuk pemupukan, miana tidak memerlukan perlakuan khusus. Cukup dipupuk dengan pupuk kompos atau pupuk kandang alami sebulan sekali. Karena jenis miana termasuk tanaman yang fast growing atau tumbuh dengan cepat. Walaupun tidak sering diberi pupuk khusus Anda juga bisa memberikan pupuk jenis penumbuh dan juga pembasmi hama, agar miana dapat tumbuh rimbun dan menghasilkan warna yang cantik. Menurut Eka, penyakit tanaman hias miana biasanya terserang ulat dan kutu putih.Untuk pencegahannya harus dilakukan penyemprotan insektisida secara berkala, selama dua minggu sekali atau pas terlihat ada gejala serangan hama tersebut.

4. Letakan Di pot kecil

Tanaman Miana yang baru di stek jangan ditanam pada pot yang besar, sebaiknya ditanam pada pot yang kecil terlebih dahulu sampai akarnya benar-benar tumbuh lebat dan kuat baru kamu bisa pindahkan ke media tanam lain yang ukurannya lebih besar

5. Jangan Letakan di Tempat Gelap.

Tanaman Miana harus diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari pagi atau sore. Jangan diletakkan ditempat yang gelap yang cenderung kurang sinar matahari, karena akan mengakibatkan warna dari daun Miana pudar dan pucat. Selain itu, daun Miana juga akan mudah dimakan oleh ulat. Hama ulat sangat menyukai tempat yang lembab dan gelap.

6. Jangan Memakai Media Tanam padat

Media tanam yang cocok untuk menanam tanaman Miana adalah media tanam yang bersifat porositas (mudah menyerap air), hal tersebut dilakukan agar batang dari tanaman Miana tidak mudah membusuk akibat air yang tergenang pada media tanam yang kurang porositas.

7. Jangan Menggunakan Bubuk Kayu

Banyak yang menggunakan ampas atau bubuk kayu sebagai campuran media tanam. Sebaiknya kamu harus hindari hal tersebut sebagai pilihan media tanam pada tanaman Miana. Ampas atau serbuk kayu sangat mudah menyimpan air dan dapat menyebabkan pembusukan batang tanaman Miana. Sebaiknya kamu harus membakar ampas/serbuk kayu terlebih dahulu untuk dijadikan arang, baru bisa menggunakannya sebagai media tanam Miana yang baik.

Cara Membuat Miana Rimbun

1. Tanam di pot yang cukup besar, minimal ukuran 20 cm.

Akar bunga miana sangat cepat tumbuh dan bercabang. Itu tandanya tanaman miana akan cepat menjadi besar dan rimbun. Jika tak ada pot, tanam di tanah yang sudah diolah agar gembur dan subur. Miana yang ditanam di tanah jauh lebih cepat rimbunnya. Tapi saya lebih suka menanam miana di pot ukuran 20-30 atau polibag ukuran 30. Kecukupan media tanam membuat miana tumbuh dengan sangat cepat. saya pernah menanam di pot ukuran 15 cm dan dalam waktu 30 hari akar sudah sesak di dalam. Kebetulan jenis miana biasa yang memang pertumbuhannya gila-gilaan cepatnya. 

2. Media tanam yang gembur dan subur 

Bunga miana punya karakter boros nutrisi meski tak seboros keladi. Ia butuh media tanam yang bergizi tinggi. Mereka yang ingin miananya cepat rimbun biasanya akan sangat memperhatikan media tanam yang dipakai. Media tanam miana harus porous alias air cepat turun, makanya butuh sekam yang cukup banyak. Sekam juga membuat akar bergerak bebas dan dengan cepat memperbanyak diri sehingga tanaman cepat besar. Sekam bakar atau tidak? Bebas. Saya memakai keduanya dan sama-sama rimbun. Yang terpenting sebenarnya adalah campuran tanah dan pupuk berunsur N tinggi. Misalnya kompos daun atau kohe kambing. Saya menggunakan perbandingan sekam 2 : tanah 1: kohe 1. 3. Pelajari karakter simat yang dibutuhkan Beberapa bunga miana sangat suka sinar matahari full seharian, beberapa lagi malah merangas jika full sinar matahari sehingga daun terbakar. Makanya mempelajari karakter miana menjadi sebuah keharusan. Cara termudah adalah melakukan percobaan. Letakkan miana di tempat yang full sinar matahari. Jika daunnya gosong, itu artinya ia hanya mau sinar matahari parsial. Oleh karena karakter bunga miana yang cepat tumbuh memanjang + tambah daun, jangan lama-lama bersedih melihat daunnya gosong. Cara paling mudah ala saya adalah meletakkan bunga miana di bawah naungan plastik UV atau paranet. Sudah pasti aman meski terkena sinar matahari seharian. 

4. Rajin memberi pupuk NPK

Memberi pupuk NPK menjadi keharusan karena miana rakus menerap nutrisi. Kecepatan tanaman menjadi besar dan rimbun sangat ditentukan oleh pupuk organik seperti dalam tips nomor dua dan pupuk sintetis yang memang diformulasikan sebagai pupuk daun. Pemberian pupuk NPK bisa diberikan secara langsung, yaitu 1/2 sdt ke dalam 1 pot. Ingat, ukuran pot minimal 20 cm. Aturan pemberian pupuk NPK yang benar: Yang paling mudah adalah dicampur air (1 sdm untuk 6 liter air) Jika langsung ditaburkan granule-nya, maka pupuk harus ditutupi tanah agar tidak menguap khasiatnya. Jangan terkena batang. sebaiknya beri jarak 5-10 cm dari batang. Pemberian pupuk NPK cukup 2 minggu sekali, utamakan pupuk kohe saja.

5. Pupuk organik kohe kambing 

Sepanjang  yang saya ketahui, pupuk dari kohe atau kotoran hewan kambing paling bagus kadar nitrogennya. Atau bisa dikatakan paling mudah didapatkan daripada kohe ayam atau kelinci. Pastikan selalu memberikan kohe kambing seminggu sekali Paling bagus adalah yang sudah difermentasi. 

6. Air yang cukup Kecukupan air menjadi hal yang sangat sensitif bagi miana. 

Miana suka air tapi tak suka becek. Makanya sekam menjadi salah satu yang paling penting. Sekam membuat air langsung turun ke bawah namun ia sendiri menyimpan air cukup lama. Cukup untuk membuat miana bahagia mendapatkan semua kebutuhannya. Saat cuaca sangat terik dan miana cenderung layu, maka guyuran air akan sangat membantunya. Makanya di daerah yang panasnya benar-benar hot, penyiraman bunga miana bisa 3 kali sehari. 

7. Rajin potong dan pangkas Rajin potong dan pangkas, ini rahasia rimbun yang paling utama. 

Makin sering dipangkas makin bagus dan makin rimbun. Setiap kali batang mempunyai 8 daun (kanan 4 kiri 4) saya akan memangkasnya. Saya menyisakan 1 ruas untuk cabang. Batang yang saya pangkas akan saya tanam kembali. Lama-lama dari tunas semua tunas termasuk yang dipangkas akan menghasilkan 2 cabang.

Penutup

Sekian dari saya semoga membantu kalian dalam memelihara Bunga Miana nantikan artikel dari kami selanjutnya salam lestari.