4 Kura Kura darat (tortoise) terbesar di dunia

 Flona.my.id - kura kura darat atau di kenal dengan tortoise ini merupakan salah satu hewan purba yang makan sayuran atau herbivora meskipun tidak memakan daging karnivora atau memakan segalan omnivora seperti saudaran kura kura air , Meskipun hanya makan sayuran, kura-kura darat memiliki ukuran tubuh maksimal yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis yang hidup di air tawar. Beberapa di antarnya bahkan bisa mencapai berat badan hingga ratusan kilogram. 

Beberapa dari kura kura besar ini menjadi hewan peliharaan yang paling di gemari di dunia karena diingat merawatnya yang mudah hanya memakan sayuran selain itu kura kura darat adalah hewan yang sangat jinak. dan inilah beberapa kura kura darat yang masih hidup didunia.



4 Kura Kura darat (tortoise) terbesar di dunia galapagos


1. Kura-Kura Galapagos

Kura-kura Galapagos adalah jenis kura-kura terbesar di dunia yang masih hidup. Mereka dapat memiliki panjang hingga 1,2 meter dan berat 300 kg. Dapat hidup hingga usia 150 tahun. Tetapi, karena beratnya, sebagaimana umumnya kura-kura darat, jenis kura-kura ini hanya dapat berjalan hanya mencapai sekitar 0,5 km per jam. Kura-kura Galapagos pertama kali didokumentasikan oleh ilmuwan terkenal Charles Darwin ketika ia menginjakkan kaki di Pulau Galapagos beberapa abad lalu. Kura-kura ini secara ilmiah dikenal dengan nama Chelonoidis nigra, merupakan salah satu dari dua jenis kura-kura terbesar di dunia yang hidup di era modern. Jenis lainnya adalah kura-kura yang hidup di Atol Aldabra, dikenal sebagai Kura-kura Aldabra (Aldabrachelys gigantea).

4 Kura Kura darat (tortoise) terbesar di dunia aldabra


2. Kura-Kura Aldabra

Aldabra adalah kura kura terbesar kedua di dunia setelah galapagos dan di ikuti sulcata yang berada di nomer 3 Kura-kura Aldabra berasal dari sebuah pulau yang terletak di Samudra Hindia bernama Aldabra. Kura-kura ini memiliki leher panjang yang digunakan untuk meraih cabang dan ranting pohon hingga ketinggian 1 meter di atas tanah. Panjang tubuh maksimal dari spesies kura-kura darat terbesar kedua di dunia ini dapat mencapai 1,1 meter dan beratnya sekitar 250 kg. Awalnya, di Samudra Hindia terdapat 18 jenis kura-kura raksasa, namun 17 spesies lainnya sudah punah dan hanya Aldabra yang mampu bertahan hidup hingga kini. Aldabra terkenal karena mereka merupakan spesies kura-kura yang memiliki usia terpanjang di dunia, yaitu bisa hidup lebih dari 200 tahun.

4 Kura Kura darat (tortoise) terbesar di dunia sulcata


3. Kura-Kura Sulcata


Menjadi kura kura satu ini paling banyak di gemari , banyak sekali para pecinta reptil memelihara kura kura terbesar ketiga ini. kura-kura sulcata adalah reptil besar, juga biasa disebut sebagai "kura-kura tajir Afrika." Makhluk-makhluk ini adalah spesies kura-kura terbesar ketiga di dunia, di belakang kura-kura Galapagos dan kura-kura raksasa Albrada. Sulcatas dapat tumbuh menjadi lebih dari 230 lbs., dan hidup selama 70 tahun! Baca terus untuk mempelajari tentang kura-kura sulcata. 

Kura-kura sulcata  ini dapat tumbuh menjadi cukup besar. Mereka bisa hingga 33 in. panjang, dan tumbuh cukup cepat dari waktu yang mereka menetas. Dalam beberapa tahun pertama penetasan, kura-kura ini dapat tumbuh hingga 10 in. panjang. Tumbuh sepenuhnya, beratnya mencapai 230 lbs.! Cangkangnya besar dan berkubah, dan kulitnya tebal dan kasar.





4 Kura Kura darat (tortoise) terbesar di dunia pardalis


4. Kura-Kura Pardalis

Kura-kura macan tutul (Stigmochelys pardalis) adalah kura-kura besar dan menarik yang ditemukan di sabana Afrika timur dan selatan, dari Sudan ke Tanjung selatan. Ini adalah satu-satunya anggota genus Stigmochelys, meskipun di masa lalu biasanya ditempatkan di Geochelone.

Kura-kura ini adalah spesies penggembalaan yang mendukung habitat semi-gersang, berduri ke padang rumput. Dalam cuaca yang sangat panas dan sangat dingin mereka mungkin tinggal di lubang rubah, serigala, atau aardvark yang ditinggalkan. Kura-kura macan tutul tidak menggali selain membuat sarang di mana untuk bertelur. Mengingat kecenderungannya untuk habitat padang rumput, ia merumput secara luas di atas rumput campuran. Ini juga mendukung sukulen dan thistles.


Penutup 


Sekian  artikel dari saya semoga bermanfaat pembahasan mengenai kura kura atau tortoise terbesar di dunia semoga kura kura seperti galapagos, aldabra , sulcata dan pardalis tidak mengalami kepunahan maka jaga lah alam ini salam lestari.