Perbedaan Kura-Kura Air (Turtle) dan Kura kura Darat Tortoise

Flona.my.id -  kura kura adalah salah satu hewan reptil yang sangat banyak peminatnya hewan berkaki empat yang sering diidentitaskan dengan hewan yang lambat sehingga jika kalian ingat kura kura ini bahkan jadi cerpen kura kura vs kelinci yang berlomba lari. tapi banyak orang yang tidak tau bahwa kura kura itu tidak hanya kura kura hidup diair, kura kura dibagi menjadi dua habitat yaitu turtle dan dan tortoise yaitu kura kura yang hidup di air atau turtle dan kura kura darat atau kita sebut adalah tortoise.

jadi buat kalian keeper pemula atau yang ingin memiliki kura kura atau memelihara kura kura kalian harus membaca ini sampai selesai. kura kura air (turtle) dan kura kura darat (tortoise) pasti punya banyak perbedaan mulai dari yang mencolok yaitu fisiknya ataupun kebiasaannya karena turle dan tortoise ini memiki tingkah laku yang berbeda dan unik. 



Perbedaan Kura-Kura Air (Turtle) dan Kura kura Darat Tortoise
Perbedaan Kura-Kura Air (Turtle) dan Kura kura Darat Tortoise

Turle (kura kura Air)

adalah sebutan untuk semua jenis kura-kura air. Ingat, kura-kura yang hidup di perairan dinamakan turtle. Berdasarkan wilayah habitatnya, turtle dapat dibedkan lagi menjadi dua jenis yaitu aquatic turtle dan semi aquatic turtle. Aquatic turtle adalah kura-kura air yang hanya bisa bertahan hidup di dalam air saja. Contohnya yaitu labi-labi dan monbi. Sedangkan semi aquatic turtle merupakan kura-kura yang sanggup hidup di air dan darat, tetapi dia lebih sering berada di air. RES, CST, damer, siebenrocki, hamiltoni, serta piput adalah contoh semi aquatic turtle yang banyak dipelihara di Indonesia.
Karena hidupnya di dalam air, turtle mempunyai semacam selaput renang di area sela-sela jari kakinya. Selaput ini sangat berguna untuk membantunya berenang dengan baik. Turtle ini merupakan perenang yang sangat handal. Gerakannya lebih gesit saat berada di air ketimbang daratan. Semua kura-kura pada dasarnya merupakan binatang omnivora. Namun turtle lebih suka memakan daging-dagingan ketimbang sayur-mayur atau buah-buahan. Paling favoritnya sih turtle ini doyan sekali memakan ikan, udang, ayam, jangkrik, cacing darah, dan sebagainya. kura yang baru lahir tinggal di sarangnya sendiri selama sekitar 120 hari. Mereka biasanya ditemukan di laut dan hidup dengan baik di perairan asin. Rata-rata usia kura-kura adalah 20 tahun sampai 40 tahun, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kura-kura. kura ditemukan di Afrika dan Amerika.





Perbedaan Kura-Kura Air (Turtle) dan Kura kura Darat Tortoise
Perbedaan Kura-Kura Air (Turtle) dan Kura kura Darat Tortoise

Tortoise ( Kura kura Darat)

adalah kelompok kura-kura yang hanya bisa hidup di lingkungan daratan saja. ya Tortoise sama sekali tidak bisa bertahan hidup di perairan. Jika Anda paksa memasukkan tortoise ke air, maka tortoise tersebut akan mati dengan cepat. Mengapa? Sebab kura-kura darat ini benar-benar tidak bisa berenang. Meski beberapa spesies tortoise akan terapung di air, namun apabila Anda membiarkannya terlalu lama, maka dia akan tenggelam lalu mati. Karena tortoise tidak mempunyai selaput di kakinya seperti halnya turtle. Hal ini membuatnya tidak mampu berenang dan akan tenggelam jika dimasukkan ke air. Tortoise memiliki kuku cakar yang cukup panjang di kaki-kakinya. Kuku ini berguna untuk mendapatkan makanan dan melindungi dirinya dari musuh. Di habitat alaminya tortoise biasa memakan daun-daunan, kaktus, atau serangga kecil. Faktanya adalah kura-kura justru sangat menyukai daun-daunan hijau yang segar. Beberapa contoh dari tortoise ini antara lain gallapagos, sulcata, pardalis, radiatta, russian, emys, istar, burmese star, pancake, forsteni, dan kleinmanni. Indonesia sendiri mempunyai tortoise endemik yaitu kura-kura emys dari Kalimantan serta kura-kura forsteni dari Sulawesi. Kura-kura dikatakan sebagai hewan hidup terpanjang dengan umur rata-rata 80-150 tahun. Kura-kura hidup terpanjang tercatat memiliki usia 326 tahun. Kura-kura lebih lambat dari kura-kura dan ukurannya juga lebih besar. Kura-kura ditemukan di Asia dan Afrika.

Perbedaan 


Habitat seperti namanya kura kura darat (turle) adalah kura kura yang hidupnya sebagian besarnya berada di air untuk tortoise atau kura kura darat adalah kura kura yang hidupnya di darat jangan sekali kali kalian menaruh tortoise ini kedalam kolam atau air yang dalam karena mereka tidak bisa berenang sehebat saudaranya turtle dan tidak dibekali kaki selaput untuk berenang. 

Makanan


makanan kura kura air (turtle) hewan omnivora maksudnya adalah hewan yang memakan sekalannya baik itu daging dan sayuran kura kura air atau turtle biasa memakan hewan kecil seperti ikan kecil, udang, serangga kecil, pur dan sayur sayuran hijau

makanan kura kura darat (tortise) karna tortoise adalah hewan herbivora atau pemakan tumbuhan mereka hanya mememakan tumbuhan atau sayuran hijau, makanan tortoise ini biasanya sayuran hijau, kaktus dll

Fisik



turle memiliki tempurung yang lebih ceper memiliki kaki becakar dan memiliki kaki berselaput gunanya membantu untuk berenang, memiliki ekor lebih panjang daripada tortoise. tortoise memiliki tempurung yang berkubah, tidak memiliki cakar dan tidak berselaput seperti saudaranya memiliki ekor pendek lebih pendek daripada turtle. 


Penutup 



Sekian artikel mengenai Perbedaan Kura-Kura Air (Turtle) dan Kura kura Darat Tortoise semoga kalian bisa mendapatkan ilmu dari sini dan semoga kalian bisa melestarikan alam tercinta ini salam lestari. note tidak semua kura kura di perlakukan sama.