Wajib Tau ! Cara Memberi Makan Kucing Yang benar

Flona.my.id - Makanan adalah kebetuhan pokok seperti kalian, kucing pun juga membutuhkan makanan yang bergizi, takaran yang tepat dari sini pasti kalian yang baru pertama kali memiliki kucing pasti muncul pertanyaan "kapan saya harus memberi makan kucing?" "berapa banyak saya harus memberi makan kucing?" pertanyaan ini tiak hanya berlaku untuk pemula tapi orang yang sudah memelihara kucing bertahun tahun pun pasti juga memikirakan pertanyaan yang sama ini di sebabkan karena keraguan dan ingin memberi yang terbaik untuk kucing kita tersayang.

masyarakat awam kerap memberikan nasi untuk kucingnya padahal pemberian nasi pada kucing tidak dibenarkan oleh dokter hewan. ini di karenakan nasi mengandung karbohidrat dan kucing tidak mampu menerima kabohidrat berlebihan, seperti yang i tegaskan dokter hewan Radhiyan Fadiar Sahistya berikut ini :

 Dokter hewan Radhiyan Fadiar Sahistya menegaskan bahwa kucing tidak mampu mencerna karbohidrat menjadi sumber energi secara baik, sebab energi utama kucing berasal dari protein. Saat kadar protein berkurang, kucing menggunakan lemak sebagai sumber energi. 

"Lantas apa akibatnya jika kucing mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat? Karena kucing tidak dapat mencerna karbohidrat dengan baik, maka efeknya adalah gula darah meningkat secara drastis," kata Radhiyan dalam webinar "Pentingnya Gizi Pada Anjing dan Kucing di Masa Pandemi" yang tayang di YouTube, dikutip Antara, Minggu (31/1/2021).

Maka dari itu kucing butuh makanan yang sehat dan bergisi dengan takaran yang tepat , sehingga kucing mendapatkan tubuh yang sehat dan memiliki badan yang ideal, dengan begitu kucing tidak akan terkena penyakit obesitas, malnutrisi maupun anoreksia.
kucing merupakan hewan karnivora yaitu hewan pemakan daging, meski kita sering liat kucing makan rumput tapi itu tidak membuat kucing jadi herbivora pemakan tumbuhan atau omnivora atau pemakan segalanya dengan kucing menjadi karnivora seperti yang saya bilang di awal untuk memberikan takaran yang tepat baik gizi dan segala aspek lainya baca artikelnya sampai bawah ya agar kalian tidak melewati informasi penting sekecil apapun.

Wajib Tau ! Cara Memberi Makan Kucing Yang benar
Wajib Tau ! Cara Memberi Makan Kucing Yang benar



Berikut ini adalah tips pemberian makan kucing yang benar dan sehat


1. Sesuaikan Dengan Umur Kucing

Pertama yang harus kalian perhatikan adalah usia atau umur. kenapa kalian harus memperhatikan usia umur si kucing kita, kucing anakan dan kucing dewasa  memiliki kebutuhan khusus yang berbeda.

kucing anakaan atau kitten ada baiknya diberikan makanan yang memiliki tekstur yang lebih halus dibandingka dengan makanan di peruntukan untuk kucing dewasa..

anda bisa milih menggunakan dry food, di petshop makanan anakan kucing biasanya cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil.

kalian bisa memberi makanan khusus kucing mulai minggu ke 7 agar kitten atau anak kucing dapat mencerna dengan mudah.

2. Atur Jadwal Makannya

Kenapa kita harus mengatur jadwal makan si kucing ? mengatur jadwal makan adalah kegiatan yang perlu dilakukan karena seperti manusia, kucing juga perlu mengaur waktunya dalam satu hari apa yang harus dia lakukan seperti makan, tidur bermain jadi kita sebagai pemilik harus menentukan jadwal kapan sebaiknya kucing kita harus diberi makan.

jangan sampai kucing kita makannya tidak teratur, jika kalian tidak teratur dalam pemberian makan kucing kita, kucing kita pertama bisa kelaparan jika kita berlebihan kucing kita bisa sampai obesitas yang berujung kematian. waktu yang bagus kalian bisa memberi makan kucing kalian dengan 2x sehari pada saat malam hari dan pada siang hari. saat sore kalian bisa memberikan sedikit cemilan dengan begitu kucing akan makan tepat waktu rutin dan teratur.

3. Perhatikan Kebutuhan Nutrisi Kucing

Nutrisi untuk kucing memiliki peran yang cukup besar untuk status kesehatanya. anda perlu tau nutrisi apa saja yag harus di penuhi setiap harinya untuk kucing kita.

Untuk kucing dewasa setidaknya membutuhkan sekitar 250 kalori. Jumlah ini hanya perkiraan dan bisa berubah sesuai dengan aktivitas yang kucing lakukan. Anda juga perlu memperhatikan kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral yang perlu kucing konsumsi dalam makanannya.

 selain itu kucing merupakan hewan karnivora obligat yag mana kucing kita ini perlu mengkonsumsi protein dan lemak hewani untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. selain itu kalian jangan lupa memenuhi mineral mereka, maksudnya? ya kalian wajib memberikan wadah khusus i sebelah makanannya dengan air minum saran saya kalian memberikan air yang telah matang untuk menghidari kuman dan bakteri yang bisa menganggu kesahatan kucing kita.

Wajib Tau ! Cara Memberi Makan Kucing Yang benar
Wajib Tau ! Cara Memberi Makan Kucing Yang benar

4.Pilih Jenis Makanan Kucing 


Selain ditentukan oleh usia kucing, Anda juga harus menentukan jenis makanan yang akan diberikan pada kucing. Anda bisa membuatkan sendiri makanan rumahan dengan memperhatikan nutrisi yang diperlukan oleh kucing. Jika Anda memilih jenis makanan dalam kemasan, Anda bisa mempertimbangkan jenis dry food ataupun wet food yang menurut Anda lebih praktis dan ekonomis. Anda bisa memilih beragam merek makanan kucing dalam kemasan di petshop. 

Jika Anda ingin mengetahui jenis makanan terbaik untuk kucing. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menemukan merek makanan kucing yang tepat. Selain dapat mempermudah Anda dalam menemukan merek makanan kucing terbaik, konsultasi dengan dokter juga dapat memberikan Anda informasi mengenai tanda kucing alergi pada makanan dan jika kalian islam tentukan apakah ada kandungan baibi didalamnya. 

Penutup

Sekian dari artikel saya ini mengenai Wajib Tau ! Cara Memberi Makan Kucing Yang benar semoga bermanfaat buat kalian berikan makananan yang berkualitas tingi, cek berkala kesehatan kucing kalian, berikan makanan khusus kucing rumahan jangan kasih kucing kalian makanan sembarangngan, berikan porsi yang sesuai jangn lupa selalu bersikan kandang kucing kalian. sampai jumpa di artikel selanjutnya salam lestari.