Mudah Banget,Cara Merawat Bunga Anggrek Tumbuh subur dan berbunga terus

 flona.my.id - Siapa yang tidak tau anggrek, anggrek di kenal juga dengan Orchidaceae adalah salah satu bunga terindah  dengan memiliki kelopak bunga yang besar, mekarnya bertahan lama dan warna bunga anggrek berwarna segar dan memiliki berbagai warna yang sangat menawan mulai dari putih , pink , magenta , unggu pink dan hitam.

anggrek melambangkan keindahan, kesuburan , keanggunan dan cinta itu alasan kenapa bunga anggrek selalu menjadi hadiah yang sering di berikan kepada orang yang menjadi orang tua baru.

Menanam Dan merawat tanaman bunga anggrek bisa menjadi  rumit karena bunga anggrek sangat berbeda dari kebanyakan tanaman hias lainnya.

Tapi tenang kalian bisa kok memiliki bunga anggrek yang tumbuh merekah dan segar dengan metode penanaman yang tepat.

Anggrek di Indonesia rata-rata hidup secara epifit. apa itu epifit ? epifit artinya bunga anggrek menumpang di tanaman lain tapi tidak merugikan tumbuhan yang ia tumpangi. hal ini membuat tanaman bunga cantik satu ini butuh perlakuan khusus agar tumbuh maksimal.

Di dunia ini tercatat ada lebih dari 22 ribu jenis anggrek lo.

Sekitar 40 persennya bunga anggrek berasal dari negara beriklim tropis seperti Thailand, hawaii dan tentu saja negara kita tercinta yakni Indonesia.

Salah satu jenis anggrek yang paling populer adalah anggrek ngengay atau dalam bahasa ilmiah adalah phalaenopsis varietas bunga anggrek satu ini mekar satu hingga dua kali dalam setahun dan bunganya bisa bertahan dari mulai dua hingga tiga bulan wow cukup lama ya.

jenis anggrek yang populer lainnya yang sering di temui adalah dendrobium dan oncidium yang mekar satu hingga dua kali setahun dan memiliki bunga yang bertahan lebih dari sebulan.

Selama anggrek yang di tanam memiliki kondisi pertumbuhan yang tepat tidaj sulit untuk belajar cara merawat bunga anggrek.

Mudah Banget,Cara Merawat Bunga Anggrek Tumbuh subur dan berbunga terus


1. Tempatkan anggrek di tempat yang tepat

Jika kalian pemilik anggrek sebelum anda membeli atau pun sudah memiliki anggrek tersebut pastikan anda memiliki ruangan atau tempat buat anda meletakan anggrek pastikan tempat anda memiliki kelembapan dan instensi cahaya, cahaya yang harus di dapat belisar 50% - 70 %. 

kenapa ? tanpa cahaya yang memadai anggrek masih akan tetap tumbuh tapi sayangnya kelopak bunganya tidak akan mekar, meskipun harus perlu cahaya matahari disaran kan untuk tidak terkena langsung cahaya matahari berikan paranet agar mendapatkan cahaya yang cocok.

memerhatikan warna daun sebagai indikator yang baik tentang jumlah cahaya yang diperoleh anggrek:

  • Daun hijau cerah: tanaman yang bahagia dan sehat
  • Daun hijau tua: tanaman tidak mendapatkan cukup cahaya
  • Daun kekuning-kuningan hijau atau merah: tanaman mendapatkan terlalu banyak cahaya

2. Perhatikan Sirklus Udara

Merawat bunga Anggrek kalian harus memperhatikan sirkulasi udaranya. anggrek membutuhkan aliran udara sepoi-sepoi yang baik dengan tidak terlalu banyak angin.Udara yang bergerak membantu menguapkan air yang tergenang, yang bisa menjadi tempat berkembang biak jamur dan bakteri yang terperangkap saat menyiram anggrek. Ventilasi juga membantu anggrek untuk mentolerir cahaya kuat, sehingga tidak akan membakar daun. Buat angin sepoi-sepoi lembut dengan membuka jendela dan gunakan kipas bila minim udara. Tanpa adanya ventilasi, anggrek akan mati karena busuk, kekurangan karbon dioksida, atau terkena penyakit.

Mudah Banget,Cara Merawat Bunga Anggrek Tumbuh subur dan berbunga terus
grid.id


3. Rajin Menyirami Bunga

menyiram bunga adalah part dari memelihara bunga tetapi beberapa bunga yang harus disiram terus ada yang tidak perlu di siram dan ada yang harus jarang jarang disiram tapi untuk anggrek itu termasuk yang harus disiram lebih sering.

Sebaiknya, lakukan penyiraman secara rutin dua kali sehari, yakni ketika pagi dan sore hari. Kamu tidak perlu menyiram kalau pada hari itu turun hujan lebat. Lakukan rutinitas tersebut setiap jam 07.00-09.00 pagi dan sore hari pada pukul 15.00-17.00. Hindari menyiramkan air terlalu banyak karena akan merusak struktur tanaman. Bahkan bisa berakibat meningkatkan kelembapannya sehingga anggrek membusuk dan ditumbuhi jamur dan bakteri..

Hindari overwatering atau menyiram terlalu banyak air pada tanaman anggrek. Untuk menghindari terlalu banyak air, sirami anggrek Anda berdasarkan seberapa basah medianya. Caranya, dorong beberapa jari dengan lembut ke tanahnya. Jika media terasa lembap, maka Anda tidak perlu menyiraminya. Cara lain untuk membantu Anda melacak kebutuhan air anggrek adalah dengan menanamnya dalam pot yang bening. Jika Anda tinggal di iklim kering atau memiliki rumah ber-AC, Anda mungkin perlu menyemprot anggrek dengan botol semprotan setiap hari. Jika rumah Anda memiliki kelembapan 40-60%, maka hal ini tidak diperlukan.

4. Pemberian Pupuk 

Pemberian pupuk sama penting dengan penyiraman air secara rutin, pupuk merupakan makanan tumbuhan untuk tumbuh besar.

pupuk memiliki berbagai jenis seperti pupuk siram , pupuk tabur atau pupuk tanah.

pilih pupuk yang memiliki unsur hara tinggi . berikan pupuk 3 x seminggu jangan lebih ini untuk menghindari pupuk mengerdil atau pengerdilan tumbuhan.


5. Berikan Zpt atau hormon


Apabila kalian ingin anggrek kalian berbunga kalian jangan lupa memberikan zpt atau hormon gibrelin.
zpt atau hormon gibrelin bisa memicu pertumbuhan tangkai dan akar bunga anggrek

Jika ingin aman, gunakan saja cara tradisional. Kamu bisa memanfaatkan air kelapa sebanyak 150 ml. Cara memberikannya yakni dengan menyemprotkannya ke seluruh bagian anggrek dan juga akar-akarnya. Pemberiannya dapat dilakukan tiga kali dalam seminggu. Waktu pemberian dilakukan pagi dan sore hari.

6.Berikan obat

merawat anggrek tumbuh subur dan berbunga terus sudah tapi setiap berbunga jadi makanan serangga seperti berlalang dan sejenisnya kalian bisa mengatasinya dengan pemberian obat antihama atau jamur.

Hama dan penyakit seringkali menyerang berbagai macam tanaman, termasuk bunga anggrek. Pencegahan utama yang dapat kamu lakukan yakni dengan membersihkan lingkungan sekitarnya dari gulma, kotoran dan sampah-sampah daun. Namun, ada baiknya, kamu berikan pestisida seminggu sekali. Kalau tanaman anggrek sudah terlanjur diserang oleh hama serangga, gunakan insektisida. Begitu pula ketika terserang jamur, berikan fungisida dan bakteri gunakan bakterisida.


Penutup 


Sekian dari saya semoga artikel saya bermanfaat dan bunga kalian bisa tumbuh subur dan berbunga terus dan banyak sekian dari saya salam lestari